Interaksi website

Assalamu’alaikum..

Hari ini saya mencoba untuk sedikit mengulas mengenai interaksi website yang saya kunjungi beberapa hari yang lalu.

Sebagai situ pembelajaran online duniabelajar.com adalah alternatif  belajar yan baik bagi siswa tingka SD untuk mempelajari materi-materi yang tidak didapat di sekolah.   Selain itu disini juga tersedia menu untuk guru yang berguna untuk menambah referensi pengajaran.

Namun setelah saya amati, ada hal yang sedikit janggal pada Halaman Utama sistus ini yaitu di halaman depan sudah terpampang jelas ditmpilkan kategori “Untuk Murid” dan “Untuk Guru” seperti pada gambar 1 dibawah ini :

gambar 1 halaman utama

Mengapa saya mengatakan janggal? karena di menu diatas nya sudah ada menu “Untuk Murid” dan “Untuk Guru” jadi menurut saya tidak perlu di halaman utama itu isi nya semua hal yang ada di menu-menu lainnya. Sebaiknya di halaman utama itu bisa diisi dengan berita terkini dari dunia pendidikan maupun seputar kejadian di Indonesia. Apabila tetap ingin menampilkan mungkin batasi sampai kategori tips dan beri teks baca selengkapnya yang bertaut ke halaman menu masing-masing.

Selain kejanggalan tadi, masih ada beberapa konten dan menu yang kurang tepat penempatannya, seperti pada gambar dibawah ini :

gambar 2 halaman utama

Menurut saya sebaiknya menu yang terletak di footer sebaiknya diletakkan di atas bersama menu yang lainnya, karena akan terasa aneh jika ada menu di bagian footer. Biasanya di bagian footer tercantum link menuju e-mail webmaster maupun e-mail ke situs itu sendiri. Kemudian di tampilan konten website ada Kategori Berita dan Seputar Indonesia, menurut saya lebih menarik jika terlihat tanpa harus skrol halaman.

Demikian ulasan yang saya berikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam mengulas karena  masih taraf pembelajaran dan persepsi setiap orang bisa berbeda.🙂

Wassalamu’alaikum…

About ramadhaniqbal

I'm not a perfect person, but I always try to be better than yesterday.

13 responses to “Interaksi website”

  1. asepmylocal says :

    Ya, ane setuju banget sama ente gan..
    seharusnya menu untuk murid dan guru tidak perlu dicantumkan kalau sudah ada menu keduanya. Kedua menu di atas sudah cukup mewakili.
    menurut prediksi ane, kenapa itu dicantumin di halaman utama, sepertinya di halaman pertama itu tidak ada informasi yang berarti kecuali berita dan seputar indonesia, sehingga pembuat situs kemungkinan memaksakan untuk menulis kembali halaman pada menu untuk murid dan menu untuk guru sehingga hasilnya pun kurang efektif.

  2. altro says :

    Bener jg bro analisis ente,..
    mungkin maksud dari mereka biar jelas,. dengan adanya pengulangan kata,. wkwk
    Setuju dg analisis TS,.
    Yuk kita belajar,. ^_^

    • ramadhaniqbal says :

      Iya yo..
      semoga bisa dijadikan masukan yg bermanfaat bagi developer nya,
      dan bagi kita juga..
      hehe
      intinya yuk belajar..😀

      makasi udh mampir dan meninggalkan jejak🙂

  3. Armen Marta says :

    bener gan, yang untuk murid dan untuk guru sudah di tampilkan di awal halaman, lagian isi untuk murud/untuk guru yg di menu utama ma untuk murid/untuk guru pada halaman awal mempunyai isi yang sama..

    • ramadhaniqbal says :

      Iya gan..
      Sebenarnya udah bagus semangat nya ni web..
      bisa jadi alternatif buat belajar..
      Mungkin bisa diperkaya lagi kontennya yah..
      semoga bisa jadi masukan yg berarti🙂

      hatur nuhun komen nya gan🙂

  4. dedenz says :

    menurut saia dia mungkin lebih mementingkan aspek perulangan “gambar pertama”.. karena yang kita tau… untuk anak kecil itu bukan ke isi… tapi ke yang lebih luas… jadi kalau menurut saia perulangan it’s ok kalau tidak keterlaluan… oh itu juga untuk media pembelajaran anak anak…

    kalau soal seputar indonesia.. ga salah juga sih.. selain mencet mencet sendiri.. si anak pun ditemani orang tua… sekaligus memberi bimbingan atau pengarahan seputar realita yang ada… kan tidak semuanya berita itu negatif news,,, yang positif jg ada bal🙂

    no offense just give my comment

  5. melliferai says :

    kalau menurut ane gan..sebenarnya penempatan itu sudah tepat, sebab maksud dari mereka adalah agar mudah kembali ke halaman yang di tuju lagi lagi ini masalah persona yang diterapin di website ini yang mungkin saja ke adik – adik SD sehingga butuh info yang lebih jelas, sebab itukan menu header jadi akan ada di setiap halaman, sehingga berfungsi untuk jalan cepat jika kita ingin menuju halaman guru atau halaman murid…:)) CMIIW

    http://melliferai.wordpress.com/category/interaksi-manusia-komputer/

  6. Asterika says :

    waaaww setelah saya lihat web ini,,saya heran kenapa untuk halaman utama berisi semua berita tiap2 menunya yh..?? hehee
    setuju bal..
    sebaiknya halaman utama diisikan dengan info kilas tentang apa itu dunia belajar..
    dan untuk menu2 yg dibawah sebaiknya diletakan di bagian atas di kelompokan dengan jenisnya, dan mngkin tombol menunya terlalu lebar memakan space terlalu banyak…. ^.^

  7. arry rinaldy pratama says :

    menu pada halaman utama’a banyak banget kasian buat guru guru yang sudah punya penyakit mata dipaksa melihat tulisan yang tidak terlalu besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: